Mantraṁ Puja Tri Sandhya

Dalam beragama Hindu, unsur kepercayaan kepada doa merupakan bagian yang sangat penting. Doa dalam istilah agama Hindu disebut mantra, stava atau Brahma. Doa atau Brahma merupakan suatu dasar kayakinan atau srddha dalam agama Hindu yang merupakan kewajiban untuk melakukannya.

Di dalam berdoa seseorang harus pasrah kepada Sang Hyang Widhi Wasa, karena sesungguhnya hanya Dia yang menciptakan segala yang ada, baik alam yang nyata (sekala) maupun alam tak nyata (niskala). Dia pula yang berkuasa mengembalikan alam semesta beserta isinya.

Berikut adalah Mantram Puja Tri Sandhya beserta dengan artinya yang disadur dari berbagai sumber yang ada.


Oṁ bhūr bhuvāh svaḥ
tat savitur vareṇyam
bhargo devasya dhīmahi
dhiyo yo naḥ pracodayāt

Om Sang Hyang Widhi yang menguasai ketiga dunia ini, Engkau Maha Suci, sumber segala cahaya dan kehidupan, berikanlah budi nurani kami penerangan sinar cahaya-Mu Yang Maha Suci.


Oṁ Nārāyana evedhaṁ sarvaṁ
yad bhūtam yac ca bhāvyam
niṣkalaṅko nirañjano nirvikalvo
nirākhyātaḥ śuddho deva eko
nārāyano na dvitīyo ‘sti kaścit

Om Sang Hyang Widhi Wasa, sumber segala ciptaan, sumber semua mahluk dan kehidupan. Engkau tak ternoda, suci murni, abadi dan tak ternyatakan. Engkau Maha Suci dan tiadalah Tuhan yang kedua.


Oṁ tvaṁ śivah tvaṁ mahādevaḥ
Īśvaraḥ parameśvarah
Bharmā viṣṇuca rudraśca
Puruṣaḥ parikīrtitaḥ

Om Sang Hyang Widhi Wasa, engkau disebut juga Siva, Mahadeva (devata tertinggi), Isvara (maha kuasa), Paramesvara (maha raja, adiraja), Brahma (pencipta alam semesta dan segala isinya), Visnu (pemelihara alam semesta), dan juga Rudra (pelebur alam semesta) karena Engkau adalah asal mula segala yang ada.


Oṁ pāpo ‘haṁ pāpakarmāhaṁ
pāpātmā pāpāsaṁbhavaḥ
trāhi māṁ puṇḍarikākṣaḥ
sabāhyā bhyantaraḥ śuciḥ

Om Sang Hyang Widhi Wasa, hamba ini papa, perbuatan hambapun papa, kelahiran hamba, lindungilah hamba, Sang Hyang Widhi yang bermata indah bagaikan bunga teratai, sucikan jiwa dan raga hamba.


Oṁ kṣamasvā māṁ mahādevaḥ
sarvaprāṇi hitāṅkaraḥ
māṁ moca sarva pāpebhyaḥ
pālayasva sadā śiva

Om Sang Hyang Widhi Wasa, ampunilah hamba, Sang Hyang Widhi yang maha agung, anugerahkan kesejahteraan kepada semua mahluk. Bebaskanlah hamba dari segala dosa, lindungilah hamba Om Sang Hyang Widhi.


Oṁ kṣantavyaḥ kāyiko doṣaḥ
kṣantavyo văciko mama
kṣantavyo mānaso doṣaḥ
tat pramādât kṣamasva maṁ

Om Sang Hyang Widhi Wasa, ampunilah dosa yang dilakukan badan hamba, ampunilah dosa yang keluar melalui kata-kata hamba, ampunilah hamba dari kelalaian hamba.

Oṁ śāntiḥ śāntiḥ śāntiḥ Oṁ

Om Sang Hyang Widhi Wasa, semoga damai di hati, damai di dunia, dan damai selalu.


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Satya Nara
Copyright © 2011. Hindu Menulis
Published by Hindu Menulis